SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Sekolah            : SMP N.1 Natar Lampung Selatan
Kelas                : I (Satu)
Semester            : Ganjil
Tahun Pelajaran        : 2012/2013
a.    Bidang Bimbingan    : Bimbingan Belajar
b.    Topik Permasalahan    : Kenali pribadi anda sendiri
c.    Rumusan Kopetensi    : Siswa dapat mengetahui potensi apa yang ada pada                         dirinya dan menjadi cermin bagi diri sendiri
d.    Jenis Layanan        : Informasi
e.    Fungsi Layanan         : Pemahaman
f.    Tujuan Layanan        : Siswa lebih memahami dirinya sendiri, untuk                             memecahkan masalah-masalah yang timbul pada                           dirinya.
g.    Sasaran Layanan        : Siswa kelas,1 (Satu)  SMP N. 1 Natar
h.    Materi Layanan        : – Modul tentang BK
i.    Tempat Pelaksanaan     : Kelas
j.    Lokasi Waktu        : 2 x Pertemuan (40 menit)
k.    Pihak Yang Disertakan    :
    Wali kelas sebagai orang tua di sekolah
    Guru mata pelajaran
    Orang tua/wali murid

Laipan            : tercapainya tujuan balajar karena siswa dapat memahami                       kelemahan dan kelebihan yang ada pada dirinya dengan                       self  control dalam kehidupan sehari-hari.

Tindak Lanjut        : menjadi cermin bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari.
                

Bandar Lampung, 15 Maret 2012
Mengetahui                             
Guru Pembimbing                                 Praktikan

Drs. Ponijan Effendi                                Ibrahim        
NIP : 19510818 1979 1 003    
                            
Mengetahui
Kepala SMP N. 1 Natar

Dra. Ros Lili Budiarti
NIP. 19620408 199101 2 001

Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah

KTSP meliputi 3 komponen:
a.    Komonen mata Pelajaran kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP Permen No 22 Tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar Menengah. Dan Departemen No 27 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Pelajaran
b.    Komponen muatan lokal
c.    Komponen pengembangan diri
1) Komponen layanan konseling
2) Ekstra kurkuler

PELAKSANAAN  LAYANAN BK DALAM KTSP

—————
Guru Mata Pelajaran
        ————
 Guru BK                                                             Perkembangan
 konselor sek                                                        Optimal PD
         ————
Pembina
khusus
         ———-     
      

STRUKTUR PELAYANAN KONSELING

Pengertian. Paradigma, Visi dan Misi
1.    Pengetian: bantuan untuk peserta didik berkenaan dengan pengembangan kehidupan efektif sehari-hari (KES) &  menangani KES yang terganggu (KES-T) baik perorangan atau kelompok ,agar mampu mandiri, berkembang optimal, kehidupan pribadi, sosial, belajar dan karir, melalui berbagai jenis layanan & Kegiatan pendukung- berdasarkan norma- norma yang berlaku
2.    Paradigma konseling: pelayanan bantuan psiko-pendidikan dalam bingkai budaya. Artinya, pelayanan konseling berdasarkan
a.    kaidah-kaidah keilmuan
b.    teknologi pendidikan
c.    psikologi dikemas dalam kaji terapan  pelayanan konseling yang diwarnai budaya  lingkungan PD
3.    Visi pelayanan konseling: terwujudnya kehidupan kemanusiaan  yang membahagiakan  melalui tersedianya bantuan dalam pemberian  dukungan perkembangan dan pengentasan masalah agar PD berkembang secara optimal, mandiri, bahagi.
4.    Misi layanan konseling meliputi:
a.    Misi pendidikan yaitu memfasilitasi pengembangan PD melalui pembentukan perilaku efektif-normatif dalam kehidupan keseharian dan masa depan.
b.    Misi pengembangan, yaitu memfasilitasi pengembangan potensi dan kompetensi PD di dalam lingkungan sekolah/ madrasah , keluarga dan masyarakat.
c.    Misi pengentasan masalah yaitu memfasilitasi  pengentasan masalah PD mengacu pada kehidupan efektif keseharian.

TUGAS PERKEMBANGAN
 
Arah pelayanan konseling dalam mencapai visi & Misi didasarkan pada pemenuhan tugas-tugas perkembangan.
1.    Tugas Perkembangan pada SMP
a.    Mencapai kematangan beriman bertakwa kepada TME.
b.    Mencapai kematangan teman sebaya, dan kematangan dalam perannya sebagai pria/wanita
c.    Mencapai kematangan pertumbuhan fisik yang sehat
d.    mengembangkan penguasaan IPTEKS sesuai program kurikulum  dan persiapan karir atau melanjutkan studi Perguruan Tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas.
e.    Mencapai kematangan dalam pilihan karir
f.    Mencapai kematangan gambaran dan sikap  terhadap kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual & ekonomi
g.    Kematangan kehidupan keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
h.    Mengembangkan kemampuan berkomunikasi sosial Dan intelektual serta apresiasi seni
i.    Mencapai kematangan dalam sistem etika & nilai

BIDANG PELAYANAN:
1.    Pengembangan kehidupan pribadi: membantu PD dalam memahami, menilai, mengembangkan potensi   dan kecakapan, bakat, minat, yang sesuai karakteristik kepribadian dan kebutuhan diri PD.
2.    Pengembangan kehidupan sosial membantu PD dalam memahami, menilai serta mengembangkan kemampuan hubungan sosial yang sehat dan efektif dengan temansebaya, keluarga, dan warga lingkungan sosial yang lebih luas
3.    Pengembangan kemampuan belajar, yaitu membantu mengembangakan kemampuan belajar mengikuti pendidikan di sekolah dan belajar mandiri

FUNGSI KONSELING
1.    Pemahaman, memahami diri dan lingkungan PD
2.    Pencegahan, membantu PD mencegah dari berbagai masalah
3.    Pengentasan/korektif, membantu PD memecahkan masalahnya
4.    Pemeliharaan/pengembangan
5.    Advokasi , membela PD hak, dan ketidak adilan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s