PROGRAM TAHUNAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
KELAS…………………….

No    Kegiatan    Materi Bidang Pengembangan
        Pribadi    Sosial    Belajar    Karir
1.    Persiapan                 
2.    Pelaksanaan Layanan :                
    –    Layanan Orientasi    Meliputi kegiatan pemberian orientasi tentang:
–    Fasilitas penunjang ibadah keagamaan (mushola/tempat ibadah lain)yang ada di sekolah
–    Hak dan kewajiban peserta didik termasuk pekaian seragam
–    Bentuk pelayanan BK untuk membantu peserta didik mengenal kemampuan, bakat, minat, dan cita-citanya
–    Bentuk layanan BK untuk membantu peserta didik dalam mengatasi barbagai permasalahan pribadi yang ditemui(di rumah, sekolah, dan masyarakat)    Meliputi kegiatan pemberian orientasi tentang:
–    Suasana kehidupan dan tata krama dalam hubungan sosial antara teman, guru, wali kelas, maupun stap sekolah lainnya
–    Pelaksanaan peraturan dan tata tertib sekolah
–    Lingkungan masyarakat sekolah dengan berbagai bentuk tuntutan pergaulan dan kebiasaan masyarakatnya
–    Wadah kegiatan sosial lainnya yang dapat meningkatkan hubungan sosial peserta didik seperti, OSIS, PRAMUKA,  PMR, UKS, KIR, Kesenia, dsb
–    Oraganisasi orang tua murid (komite sekolah) dan guru
–    Adanya pelayanan bimbingan sosial bagi para peserta didik
    Pemberian orientasi mengenai:
–    Pelaksanaan kegiatan pembelajaran, jadwal pembelajaran, guru-guru pemegang matapelajaran
–    Lingkungandan fasilitas sekolah yang menunjang kegiatan balajar baik di ruang kelas, work shop, laboraturium, perpustakaan, ruangan diskusi, ruang BK dsb
–    Kurikulum sekolah    Meliputi kegiatan pemberian orientasi tentang:
–    Peranan BK dalam pelacakan karir peserta didik seperti pemilihan sekolah, dan pelaksanaan bimbingan karir peserta didik sesuai dengan jenjangnya
    –    Layanan informasi     Meliputi kegiatan pemberian informasi tentang :
–    Tugas-tugas perkembangan pribadi peserta didik
–     Pengembangan kebiasaan dan sikap dalam keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME
–    Usaha yang dapat dilakukan dalam mengenal bakat, minat, serta bentuk-bentuk pembinaan, pengembangan dan penyalurannya
–    Perlunya hidup sehat, bersih dan upaya melaksanakan     Mencakup informasi tentang:
–    Tugas-tugas ntperkembangan masa remaja tentang kemampuan dan pengembangan hubungan sosial
–    Cara bertingkah laku, tata krama, sopan santun, dan disiplin sekolah
–    Hak dan kewajiban warga negara, warga sekolah dan sebagai seorang peserta didik
–    Pengenalan dan manfaat lingkungan yang lebih luas(lingkgn fisik, sosial dan budaya)
–    Melaksanakan pelayanan sosial    Meliputi kegiatan pemberian informasi tentang:
–    Tugas-tugas perkembangan masa remaja berkenaan dengan pengembangan diri, keterampilan, ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian
–    Perlunya pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik dan aktif, terprogram, baik belajar secara individu maupun kelompok
–    Tips belajar efektif dan cara mengatasi kesulitan belajar peserta didik(tugas dan ujian)    Meliputi pemberian informasi tentang:
–    Pemanfaatan waktu luang
–    Informasi tentang study lanjut dan dunia pekerjaan
    –    Layanan penempatan dan penyaluran    Penempatan dan penyaluran dalam bidang pribadi meliputi:
–    Posisi duduk di dlam kelas
–    Kegiatan ekstrakurikuler
–    Pilihan keterampilan sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat
    Penempatan dan penyaluran dalam bidang sosial meliputi:
–    Kelompok kegiatan bersama denga tujuan peserta didik mampu berkomunikasi/berinteraksi dengan lingkungan sekitar secara dinamis, kreatif, produktif
–    Kegiatan kesiswaan seperti kepengurusan OSIS dan kegiatan lapangan lainnya    Penempatan dan penyaluran dalam bidang belajar meliputi:
–    Kelompok belajar peserta didik    Penempatan dan penyaluran dalam bidang karir meliputi:
–    Kelompok pelatihan ketrampilan dan kegiatan ekstra kurikuler yang menunjang karir peserta didik
–    Kelompok kerja siswa seperti, kegiatan diskusi, ceramah dari nara sumber, kunjungan ke instansi/lapangan pekerjaan
–    Kelompok yg membahas pilihan program study lebih lanjut

    –    Layanan pembelajaran    Meliputi kegiatan pengembangan  pemahaman dan keterampilan untuk memantapkan pada diri peserta didik:
–    Kebiasaan dan sikap dalam beriman kepada TMYE
–    Pengenalan dan penerimaan perubahan fisik dan psikis peserta didik
–    Pengambilan keputusan    Meliputi kegiatan pengembangan  pemahaman dan keterampilan untuk memantapkan pada diri peserta didik:
–    Kemampuan berkomunikasi
–    Kemampuan bertingkah laku dan berhubungan sosial dengan tata krama, norma, adat istiadat, kebiasaan yang berlaku
–    Pemahaman dan pelaksaan disiplin dan peraturan sekolah
–    Pengenalan pola hidup sehat dan bergotong-royong
    Meliputi kegiatan:
–    pengembangan motivasi belajar peserta didik
–    pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik
–    meningkatkan keterampilan belajar
    Meliputi pengembangan, sikap dan kebiasaan belajar, program pengaaran perbaikkan, dan program pengayaan yang diharapkan dapat memantapkan pada diri peserta didik:
–    latihan keterampilan, bakat dan minat
–    informasi study lanjutan, lembaga-lembaga keterampilan, dunia pekerjaan

    –    layanan konseling indivudual    Layanan konseling individu dalam bimbingan pribadi meliputi mengentaskan masalah-masalah pribadi peserta didik
(insidental)    Layanan konseling individu dalam bimbingan pribadi meliputi penyelengaraan konseling individu yang membahas dan mengentaskan masalah-masalah hubungan sosial  peserta didik
(insedental)    Layanan konseling individu dalam bimbingan pribadi meliputi kegiatan penyelenggaraan konseling individu yang membahas dan mengentaskan masalah-masalah belajar peserta didik
(insedental)    Layanan konseling individu dalam bimbingan pribadi meliputi kegiatan penyelenggaraan konseling individu yang membahas dan mengentaskan masalah-masalah pilihan sekolah lanjutan/pekerjaan dan pengembangan karir peserta didik
(insedental)

    –    layanan bimbingan kelompok    Kegiatan penyelengaraan bimbingan kelompok dalam aspek-aspek pribadi memliputi:
–    pemahaman dan penerimaan perubanahan fisik dan psikis pada diri seorang remaja
–    pengenalan kekuatan diri, bakat, minat, serta penyaluran dan pengembangannya
–    pengenalan kelemahan diri dan upaya penanggulangannya
–    perencanaan dan penyelenggaraan hidup sehat    Kegiatan penyelengaraan bimbingan kelompok dalam aspek-aspek perkembangan sosial memliputi:
–    hubungan dengan teman sebaya, guru, wali kelas, dan seluruh warga sekolah dengan tata krama, dan kebiasaan yang belaku
–    pemahaman dan pelaksanaan disiplin dan peraturan sekolah, di rumah dan masyarakat
–    kemampuan berkomunikasi, menerima dan menyampaikan pendapat secara logis, efektif, produktif
    Kegiatan penyelengaraan bimbingan kelompok dalam kegiatan belajar memliputi:
–    sikap dan kebiasaan belajar
–    kegiatan dan disiplin belajar serta terlatih secara efektif efisien dan produktif
–    motivasi belajar

 
    Kegiatan penyelengaraan bimbingan kelompok dalam aspek-aspek pilihan pekerjaan dan pengembangan karir memliputi:
–    orientasi dan informasi study lanjutan yang akan di tempuh setelah SMP
–    orientasi dan informasi pekerjaan/karir, dunia kerja dan upaya memperoleh keterampilan

    –    Layanan konseling kelompok       Masalah pribadi : dalam kehidupan pribadi yang terjadi pada peserta didik dengan menggunakan layanan konseling kelompok
(insidental)
    Masalah pribadi : dalam kehidupan sosial yang terjadi pada peserta didik dengan menggunakan layanan konseling kelompok
(insidental)    Masalah pribadi : dalam kemampuan peserta didik melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan layanan konseling kelompok
(insidental)
    Masalah pribadi : dalam pemilihan dan pengembangan karir yang terjadi pada peserta didik dengan menggunakan layanan konseling kelompok
(insidental)
3.    Kegiatan pendukung                
    –    Instrumen BK    Untuk mengungkap masalah pribadi peserta didik:
–    Absen siswa
–    Format panggilan siswa
–    Legger/kartu nilai
–    Format perjanjian siswa
–    psikotes    Untuk mengungkap masalah sosial peserta didik:
–    sosiometri
–    DCM (problem ceklist)
–    Format konferensi kasus    Untuk mengungkap masalah pribadi peserta didik:
–    Prestasi akademik dan non akademik, masalah belajar, bimbingan belajar
–    Nilai hasil belajar(raport dan tugas harian)
    Untuk mengungkap masalah pribadi peserta didik:
–    Tes bakat
–    Tes minat
    –    Himpunan data     Data perkembangan, kondisi, dan lingkungan diri pribadi
–    Data absensi peserta didik
–    Data pribadi peserta didik
–    Data kelengkapan atribut    Data perkembangan, kondisi, hubungan dan lingkungan sosial
–    Hubungan dengan teman sebaya
–    sosiometri     Data kemampuan, kegiatan dan hasil belajar
–    data hasil belajar(rapor, prestasi akademik dan non akademik)
–    data laporan nilai dari guru mata pelajaran
    Data kemampuan, arah dan persiapan karir peserta didik
–    data hoby, bakat, minat dan cita-cita peserta didik
–    perencanaan peserta didik dalam orientasi kedepan
    –    Konsultasi dengan orang tua    (Pertemuan dengan orang tua/keluarga peserta didik yang mengalami masalah, pribadi, sosial, belajar dan karir melalui):
– panggilan orang tua
– kunjungan rumah
(insidental dan sesuai dengan kebutuhan)
    –    Konfrensi kasus    Pembahasan kasus-kasus masalah pribadi, sosial, belajar, dan karir tertentu yang di alami peserta didik
(insidental)
    –    Alih tangan kasus    Pendalaman penanganan masalah pribadi, sosial, belajar dan karir yang dialami peserta didik
(insidental sesuai dengan kebutuhan)
4.    Perkembangan personil BK    Controling progresifitas
5.    Partisipasi kegiatan sekolah    Affiliasi dengan sistem sekolah
6.    Kerja sama dengan instansi lain    Menambah relasi
7.    Pertemuan staf bimbingan    Pemberian informasi
8.    Pertemuan MGMP    Menambah refrensi ke BK-an
9.    Evaluasi kegiatan layanan    Mengukur keberhasilan pelaksanaan program Bimbingan dan konseling
10.    PELAPORAN    Proses pertanggung jawaban secara moral dan intelektual
11.    Tindak lanjut    Penentuan langka selanjutnya

Kepala sekolah SMP N 8 Bandar Lampung                    Guru Pamong                                Bandar Lampung, …….. Agustus 2009
    Praktikan,

Sudjasman, SH    Dra. Sri Susilawati    Revi yonalia
NIP. 19541230 197803 1 003    NIP. 19600416 198602 2 001    NPM. 0613052010

PROGRAM SEMESTER BIMBINGAN DAN KONSELING
SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
KELAS…………………….

No    Kegiatan    Materi Bidang Pengembangan
        SEMESTER I (JULI-DESEMBER 2009)    SEMESTER II (JANUARI-JULI 2009)
        PRIBADI    SOSIAL    BELAJAR    KARIR    PRIBADI    SOSIAL    BELAJAR     KARIR
1    Persiapan                                
2    Pelaksanaan layanan                                
    –    Layanan Orientasi    –    Fasilitas penunjang ibadah keagamaan (mushola/tempat ibadah lain)yang ada di sekolah
–    Hak dan kewajiban peserta didik termasuk pekaian seragam
    –    Suasana kehidupan dan tata krama dalam hubungan sosial antara teman, guru, wali kelas, maupun stap sekolah lainnya
–    Pelaksanaan peraturan dan tata tertib sekolah
–    Lingkungan masyarakat sekolah dengan berbagai bentuk tuntutan pergaulan dan kebiasaan masyarakatnya
    –    Pelaksanaan kegiatan pembelajaran, jadwal pembelajaran, guru-guru pemegang matapelajaran
    Peranan BK dalam pelacakan karir peserta didik seperti pemilihan sekolah, dan pelaksanaan bimbingan karir peserta didik sesuai dengan jenjangnya    –    Bentuk pelayanan BK untuk membantu peserta didik mengenal kemampuan, bakat, minat, dan cita-citanya
–    Bentuk layanan BK untuk membantu peserta didik dalam mengatasi barbagai permasalahan pribadi yang ditemui(di rumah, sekolah, dan masyarakat)
    –    Wadah kegiatan sosial lainnya yang dapat meningkatkan hubungan sosial peserta didik seperti, OSIS, PRAMUKA,  PMR, UKS, KIR, Kesenia, dsb
–    Oraganisasi orang tua murid (komite sekolah) dan guru
–    Adanya pelayanan bimbingan sosial bagi para peserta didik    –    Lingkungandan fasilitas sekolah yang menunjang kegiatan balajar baik di ruang kelas, work shop, laboraturium, perpustakaan, ruangan diskusi, ruang BK dsb
–    Kurikulum sekolah    
    –    Layanan Informasi    –    Tugas-tugas perkembangan pribadi peserta didik
–     Pengembangan kebiasaan dan sikap dalam keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME
    –    Tugas-tugas ntperkembangan masa remaja tentang kemampuan dan pengembangan hubungan sosial
–    Cara bertingkah laku, tata krama, sopan santun, dan disiplin sekolah
–    Hak dan kewajiban warga negara, warga sekolah dan sebagai seorang peserta didik
    –    Tugas-tugas perkembangan masa remaja berkenaan dengan pengembangan diri, keterampilan, ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian
    Pemanfaatan waktu luang    –    Usaha yang dapat dilakukan dalam mengenal bakat, minat, serta bentuk-bentuk pembinaan, pengembangan dan penyalurannya
–    Perlunya hidup sehat, bersih dan upaya melaksanakan    –    Pengenalan dan manfaat lingkungan yang lebih luas(lingkgn fisik, sosial dan budaya)
–    Melaksanakan pelayanan sosial    –    Perlunya pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik dan aktif, terprogram, baik belajar secara individu maupun kelompok
–    Tips belajar efektif dan cara mengatasi kesulitan belajar peserta didik(tugas dan ujian)    –    Informasi tentang study lanjut dan dunia pekerjaan
    –    Layanan penempatan dan penyaluran
    –    Posisi duduk di dlam kelas
–    Kegiatan ekstrakurikuler
    –    Kelompok kegiatan bersama denga tujuan peserta didik mampu berkomunikasi/berinteraksi dengan lingkungan sekitar secara dinamis, kreatif, produktif
    Kelompok belajar peserta didik    –    Kelompok pelatihan ketrampilan dan kegiatan ekstra kurikuler yang menunjang karir peserta didik
    –    Pilihan keterampilan sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat
    Kegiatan kesiswaan seperti kepengurusan OSIS dan kegiatan lapangan lainnya        –    Kelompok kerja siswa seperti, kegiatan diskusi, ceramah dari nara sumber, kunjungan ke instansi/lapangan pekerjaan
–    Kelompok yg membahas pilihan program study lebih lanjut

    
–    Layanan pembelajaran
    
–    Kebiasaan dan sikap dalam beriman kepada TMYE
–    Pengenalan dan penerimaan perubahan fisik dan psikis peserta didik
    
–    Kemampuan berkomunikasi
–    Kemampuan bertingkah laku dan berhubungan sosial dengan tata krama, norma, adat istiadat, kebiasaan yang berlaku    
–    pengembangan motivasi belajar peserta didik
–    pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik
–        
–    latihan keterampilan, bakat dan minat    
–    Pengambilan keputusan
    
–    Pemahaman dan pelaksaan disiplin dan peraturan sekolah
–    Pengenalan pola hidup sehat dan bergotong-royong    
–    meningkatkan keterampilan belajar
    
–    informasi study lanjutan, lembaga-lembaga keterampilan, dunia pekerjaan

    –    layanan konseling indivudual
    (insedental)    (insedental)    (insedental)    (insedental)    (insedental)    (insedental)    (insedental)    (insedental)
    
–    Layann Bimbingan Kelompok
    
–    pemahaman dan penerimaan perubanahan fisik dan psikis pada diri seorang remaja
–    pengenalan kekuatan diri, bakat, minat, serta penyaluran dan pengembangannya
–    pengenalan kelemahan diri dan upaya penanggulangannya
    
–    hubungan dengan teman sebaya, guru, wali kelas, dan seluruh warga sekolah dengan tata krama, dan kebiasaan yang belaku
–    pemahaman dan pelaksanaan disiplin dan peraturan sekolah, di rumah dan masyarakat

    
–    sikap dan kebiasaan belajar
–    kegiatan dan disiplin belajar serta terlatih secara efektif efisien dan produktif
    
–    orientasi dan informasi study lanjutan yang akan di tempuh setelah SMP
    
–    perencanaan dan penyelenggaraan hidup sehat    
–    kemampuan berkomunikasi, menerima dan menyampaikan pendapat secara logis, efektif, produktif
    
–    motivasi belajar    
–    orientasi dan informasi pekerjaan/karir, dunia kerja dan upaya memperoleh keterampilan

    –    Layanan Konseling Kelompok    (insidental)    (insidental)    (insidental)    (insidental)    (insidental)    (insidental)    (insidental)    (insidental)
3.    Kegiatan Pendukung                                
    
–    Instrumen BK
    
–    Absen siswa
–    Format panggilan siswa
    
–    sosiometri
–    DCM (problem ceklist)
    
–    Prestasi akademik dan non akademik, masalah belajar, bimbingan belajar
    
–    Tes bakat    
–    Legger/kartu nilai
–    Format perjanjian siswa
–    psikotes    
–    Format konferensi kasus
    
–    Nilai hasil belajar(raport dan tugas harian)    
–    Tes minat
    
–    Himpunan Data

    
–    Data absensi peserta didik
–    Data pribadi peserta didik
    
–    Hubungan dengan teman sebaya
–    sosiometri     
–    data hasil belajar(rapor, prestasi akademik dan non akademik)
–    data laporan nilai dari guru mata pelajaran    
–    data hoby, bakat, minat dan cita-cita peserta didik
    
–    Data kelengkapan atribut    
–    Hubungan dengan teman sebaya
    
–    data hasil belajar(rapor, prestasi akademik dan non akademik)
–    data laporan nilai dari guru mata pelajaran
    
–    perencanaan peserta didik dalam orientasi kedepan
    
–  Konsultasi dengan orang tua

    
– panggilan orang tua
– kunjungan rumah
(insidental dan sesuai dengan kebutuhan)    
– panggilan orang tua
– kunjungan rumah
(insidental dan sesuai dengan kebutuhan)    
– panggilan orang    tua
– kunjungan rumah
(insidental dan sesuai dengan kebutuhan)    
– panggilan orang tua
– kunjungan rumah
(insidental dan sesuai dengan kebutuhan)
    
– panggilan orang tua
– kunjungan rumah
(insidental dan sesuai dengan kebutuhan)    
– panggilan orang tua
– kunjungan rumah
(insidental dan sesuai dengan kebutuhan)    
– panggilan orang tua
– kunjungan rumah
(insidental dan sesuai dengan kebutuhan)    
-panggilan orang tua
– kunjungan rumah
(insidental dan sesuai dengan kebutuhan)
    –    Konfrensi kasus
    (insidental)    (insidental)    (insidental)    (insidental)    (insidental)    (insidental)    (insidental)    (insidental)
    –    Alih tangan kasus
    (insidental)    (insidental)    (insidental)    (insidental)    (insidental)    (insidental)    (insidental)    (insidental)
4.    Perkembangan personil BK    Controling progresifitas    Controling progresifitas    Controling progresifitas    Controling progresifitas    Controling progresifitas    Controling progresifitas    Controling progresifitas    Controling progresifitas

5.    Partisipasi kegiatan sekolah    Affiliasi dengan sistem sekolah    Affiliasi dengan sistem sekolah    Affiliasi dengan sistem sekolah    Affiliasi dengan sistem sekolah    Affiliasi dengan sistem sekolah    Affiliasi dengan sistem sekolah    Affiliasi dengan sistem sekolah    Affiliasi dengan sistem sekolah
6.    Kerja sama dengan instansi lain    Menambah relasi    Menambah relasi    Menambah relasi    Menambah relasi    Menambah relasi    Menambah relasi    Menambah relasi    Menambah relasi
7.    Pertemuan staf bimbingan    Pemberian informasi    Pemberian informasi    Pemberian informasi    Pemberian informasi    Pemberian informasi    Pemberian informasi    Pemberian informasi    Pemberian informasi

8.    Pertemuan MGMP    Menambah refrensi ke BK-an    Menambah refrensi ke BK-an    Menambah refrensi ke BK-an    Menambah refrensi ke BK-an    Menambah refrensi ke BK-an    Menambah refrensi ke BK-an    Menambah refrensi ke BK-an    Menambah refrensi ke BK-an

9.    
Evaluasi kegiatan layanan    
Mengukur keberhasilan pelaksanaan program Bimbingan dan konseling    
Mengukur keberhasilan pelaksanaan program Bimbingan dan konseling    
Mengukur keberhasilan pelaksanaan program Bimbingan dan konseling    
Mengukur keberhasilan pelaksanaan program Bimbingan dan konseling    
Mengukur keberhasilan pelaksanaan program Bimbingan dan konseling    
Mengukur keberhasilan pelaksanaan program Bimbingan dan konseling    
Mengukur keberhasilan pelaksanaan program Bimbingan dan konseling    
Mengukur keberhasilan pelaksanaan program Bimbingan dan konseling

10    
PELAPORAN    
Proses pertanggung jawaban secara moral dan intelektual    
Proses pertanggung jawaban secara moral dan intelektual    
Proses pertanggung jawaban secara moral dan intelektual    
Proses pertanggung jawaban secara moral dan intelektual    
Proses pertanggung jawaban secara moral dan intelektual    
Proses pertanggung jawaban secara moral dan intelektual    
Proses pertanggung jawaban secara moral dan intelektual    
Proses pertanggung jawaban secara moral dan intelektual

11    
Tindak lanjut    
Penentuan langka selanjutnya    
Penentuan langka selanjutnya    
Penentuan langka selanjutnya    
Penentuan langka selanjutnya    
Penentuan langka selanjutnya    
Penentuan langka selanjutnya    
Penentuan langka selanjutnya    
Penentuan langka selanjutnya

Kepala sekolah SMP N 8 Bandar Lampung                    Guru Pamong                                Bandar Lampung, …….. Agustus 2009
    Praktikan,

Sudjasman, SH    Dra. Sri Susilawati    Revi yonalia
NIP. 19541230 197803 1 003    NIP. 19600416 198602 2 001    NPM. 0613052010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s