Beranda » Uncategorized » VII. INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU BK/KONSELOR       NOTUGAS UTAMA DAN

VII. INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU BK/KONSELOR       NOTUGAS UTAMA DAN

VII. INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU BK/KONSELOR
             
NO TUGAS UTAMA DAN INDIKATOR KINERJA GURU BK/KONSELOR HASIL ANALISIS KAJIAN ATAU KESIMPULAN DARI DATA/BUKTI-BUKTI/DOKUMEN DAN/ATAU CATATAN HASIL PENGAMATAN BUTIR PENILAIAN INDIKATOR KINERJA GURU BK PELAKSANAAN TUGAS UTAMA HASIL PENILAIAN
YA TIDAK
I
PERENCANAAN LAYANAN BK
1. Guru BK/Konselor dapat menunjukkan landasan keilmuan pendidikan dalam perencanaan layanan BK.    a. Menunjukkan Program BK yang memuat landasan keilmuan pendidikan (filosofis, psikologis, sosial-budaya, religius).    
b. Menjelaskan tentang landasan keilmuan pendidikan dalam perencanaan layanan BK.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
2. Guru BK/Konselor dapat menyusun dan mengembangkan instrumen, memilih instrumen, mengaplikasikan dan mengadministrasikan, serta menggunakan hasil assesmen.   a. Menunjukkan instrumen (ITP, AUM, DCM, Angket Kebutuhan, dll) dan hasil analisis assesmen.     
b. Menjelaskan tentang instrumen yang digunakan dan alasan pemilihan instrumen assesmen.      
c. Menjelaskan tentang  teknik dan hasil analisis data assesmen.      
d. Menjelaskan tentang  cara pengadministrasian dan kegunaan hasil assesmen.      
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     4
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
3. Guru BK/Konselor dapat menentukan materi dan bidang layanan BK berdasar kebutuhan peserta didik/konseli.   a. Menunjukkan berbagai materi dan bidang layanan BK (pribadi, sosial, belajar, dan karir) dalam Program BK .    
b. Menjelaskan tentang proses penentuan materi dan bidang layanan BK.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
4 Guru BK/Konselor dapat menentukan jenis kegiatan layanan dan pendukung sesuai dengan materi dan bidang layanan BK.   a. Menunjukkan berbagai  jenis kegiatan layanan (misal : orientasi, informasi, konseling, dll) dan pendukung (misal : apllikasi instrumentasi (sosiometri, psikotes, dll), konfernesi kasus, kunjungan rumah, dll)  dalam Program BK .    
b. Menjelaskan tentang penentuan jenis kegiatan layanan dan/atau pendukung dalam program BK.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
5 Guru BK/Konselor dapat  menentukan jadwal pelaksanaan layanan BK.   a. Menunjukkan jadwal pelaksanaan layanan BK dalam lingkup tahunan, semesteran, bulanan dan mingguan.    
b. Menjelaskan tentang strategi penyusunan jadwal pelaksanaan layanan BK.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja      
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
 
6 Guru BK/Konselor dapat merencanakan sarana dan biaya pelaksanaan layanan BK.   a. Menunjukkan daftar kebutuhan sarana dan biaya pelaksanaan pelayanan BK.    
b. Menjelaskan tentang kebutuhan sarana, besaran dan sumber biaya dalam pelaksanaan program BK.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] 4
II PELAKSANAAN LAYANAN BK
A. Teori dan Praksis BK    
7 Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan prinsip pendidikan dan dimensi pembelajaran dalam pelayanan BK.    a. Menunjukkan Program BK, Daftar Siswa Asuh, Buku Perkembangan Pribadi,  RPL (Satlan/Satkung), untuk dianalisis apakah dokumen tersebut disusun mengacu pada prinsip-prinsip pendidikan (pengembangan potensi dan pencapaian tugas-tugas perkembangan).    
      b. Menunjukkan Program BK, Daftar Siswa Asuh, Buku Perkembangan Pribadi, RPL (Satlan/Satkung), untuk dianalisis apakah dokumen tersebut memuat dimensi pembelajaran (to know, to do, to be,  to live together, dan to believe in God).    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
8 Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan praksis pendidikan dalam pelayanan BK.    a. Menjelaskan tentang perundang-undangan dan kebijakan pemerintah terkait  pelayanan BK di sekolah.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja      
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
 
9 Guru BK/Konselor dapat membedakan esensi layanan BK pada jalur satuan pendidikan formal, nonformal dan informal.   a. Menunjukkan Program BK  untuk dianalisis apakah program BK yang disusun memenuhi esensi layanan BK pada jalur satuan pendidikannya.    
    b. Menjelaskan tentang esensi perbedaan layanan BK pada jalur satuan pendidikan.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
10 Guru BK/Konselor dapat membedakan esensi layanan BK pada jenis dan jenjang satuan pendidikan usia dini, dasar dan menengah, serta tinggi.   a. Menjelaskan tentang perbedaan layanan BK pada jenis satuan pendidikan umum, kejuruan, keagamaan, dan khusus.    
    b. Menjelaskan tentang perbedaan layanan BK pada setiap jenjang satuan pendidikan usia dini, dasar dan menengah, tinggi.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
11 Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan hakikat pelayanan BK (tujuan, prinsip, asas, dan fungsi). Sebelum :                                                                                                                       Selama : a. Menunjukkan  RPL (Satlan/Satkung) untuk dianalisis apakah Program BK dan RPL (Satlan/Satkung) memuat tujuan dan fungsi pelayanan BK.    
    Sesudah : b. Proses pelayanan BK (misalnya layanan klasikal, bimbingan kelompok,  atau konseling kelompok) yang diberikan memperhatikan tujuan, prinsip, asas, dan fungsi pelayanan BK.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
12 Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli memperoleh pelayanan BK sesuai dengan pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis. Sebelum :                                                                                                                       Selama : a. Menunjukkan dokumen catatan kejadian (anekdot) dan penanganan (laporan konseling) peserta didik/konseli.      
  Sesudah : a. Proses layanan BK (misalnya layanan klasikal, bimbingan kelompok,  atau konseling kelompok) yang diberikan  memberi kesempatan peserta didik/konseli memperoleh pelayanan BK sesuai pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
13 Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli memperoleh pelayanan BK sesuai dengan bakat, minat, dan potensi pribadi. Sebelum :                                                                                                                       Selama : a. Menunjukkan dokumen RPL untuk dianalisis apakah guru BK/Konselor memberi kesempatan peserta didik/konseli memperoleh pelayanan BK sesuai bakat, minat dan potensi pribadi.    
Sesudah : b. Proses layanan BK (misalkan layanan klasikal, bimbingan kelompok, atau konseling kelompok) memberi kesempatan peserta didik/konseli memperoleh pelayanan BK sesuai bakat, minat dan potensi pribadi.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
14 Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli memperoleh pelayanan BK untuk mengembangkan sikap, perilaku dan kebiasaan belajar. Sebelum :                                                                                                                       Selama : a. Menunjukkan dokumen RPL untuk dianalisis apakah guru BK/Konselor memberi kesempatan peserta didik/konseli mengembangkan sikap, perilaku dan kebiasaan belajar.    
Sesudah : b. Proses layanan BK (misalkan layanan klasikal, bimbingan kelompok, atau konseling kelompok) memberi kesempatan peserta didik/konseli mengembangkan sikap, perilaku dan kebiasaan belajar.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] 4
B. Persiapan Layanan BK      
 
15 Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)   a. Menunjukkan dokumen RPL untuk dianalisis apakah dokumen memuat tujuan, materi, kegiatan, sumber bahan/alat, dan instrumen penilaian.     
      b. Tujuan, materi, kegiatan, sumber bahan/alat, dan instrumen penilaian dirumuskan dengan mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] 4
C. Pelaksanaan Layanan BK
 
 
16 Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung  yang ada dalam RPL  Sebelum: a. Menjelaskan berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung yang diimplementasikan dalam pelayanan BK.    
  Selama : b. Proses layanan BK dilakukan sesuai dengan karakteristik jenis layanan (misalkan layanan klasikal (pendahuluan, inti, penutup), bimbingan kelompok atau konseling kelompok (pembentukan, peralihan, kegiatan, pengakhiran)    
  Sesudah : c. Kegiatan pendukung dilakukan sesuai dengan karakteristik jenis kegiatan pendukung  (misalnya konferensi kasus (perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil, tindak lanjut dan laporan)    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     3
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
17 Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar dan perencanaan karir.  Sebelum :                                                                                                                       Selama : a. Menunjukkan dokumen RPL (Satlan dan Satkung) yang  memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar dan perencanaan karir peserta didik/konseli.    
  Sesudah : b. Proses pelayanan BK (misalnya: layanan klasikal)  yang diberikan memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar atau perencanaan karir peserta didik/konseli.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
18 Guru BK/Konselor dapat menerapkan pendekatan/model konseling dalam pelayanan BK. Sebelum :                                                                                                                       Selama : a. Menjelaskan berbagai pendekatan/model konseling yang sering digunakan dalam pelayanan BK.    
  Sesudah : b. Proses pelayanan BK (misalnya: konseling kelompok) menerapkan salah satu pendekatan/model konseling.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
19 Guru BK/Konselor dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait dalam pelayanan BK.   a. Menunjukkan bukti-bukti adanya kolaborasi dengan pihak terkait dalam pelayanan BK.    
    b. Melakukan kolaborasi dengan pihak terkait dalam pelayanan BK sesuai kaidah-kaidah pelayanan BK.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
20 Guru BK/Konselor dapat mengelola sarana dan biaya pelaksanaan pelayanan BK.   a. Menjelaskan kebutuhan sarana, besaran dan sumber biaya serta bagaimana pemanfaatannya dalam pelayanan BK.        
b. Menunjukkan bukti-bukti pengelolaan sarana dan biaya pelaksanaan pelayanan BK.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] 4
D. Penilaian Keberhasilan Layanan BK
 
21 Guru BK/Konselor dapat melakukan penilaian proses dan hasil pelayanan BK.     Menunjukkan dokumen penilaian proses dan hasil pelayanan BK, serta catatan perkembangan individu peserta didik/konseli.     
      Menjelaskan hasil penilaian proses dan hasil pelayanan BK serta catatan perkembangan individu peserta didik/konseli.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] 4
III EVALUASI, PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT
A. EVALUASI PROGRAM BK
 
22 Guru BK/Konselor dapat melakukan evaluasi program BK.    a. Menunjukkan dokumen hasil evaluasi program BK    
      b. Menjelaskan proses dan hasil evaluasi program BK    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
23 Guru BK/Konselor dapat menginformasikan hasil evaluasi program BK kepada pihak terkait.   a. Menunjukkan bukti kegiatan menginformasikan hasil evaluasi program BK kepada pihak terkait (kepala sekolah, guru mata pelajaran, wali kelas, orang tua siswa, dll)    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     1
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
24 Guru BK/Konselor dapat menggunakan hasil evaluasi untuk mengembangkan program BK selanjutnya.   a. Menunjukkan dokumen tindak lanjut hasil evaluasi program pelayanan BK.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     1
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] 4
B. Pelaporan dan Tindak Lanjut
 
25 Guru BK/Konselor dapat menyusun laporan pelaksanaan program (Lapelprog) berdasarkan hasil evaluasi program BK.   a. Menunjukkan dokumen laporan pelaksanaan program (lapelprog) berdasar hasil evaluasi program BK    
b. Menjelaskan prosedur penyusunan laporan pelaksanaan program (lapelprog) berdasar hasil evaluasi program BK    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
26 Guru BK/Konselor dapat menentukan arah profesi (peran dan fungsi guru BK/ Konselor).    a. Menjelaskan peran dan fungsi Guru BK/Konselor dalam kegiatan akademik (seminar, diklat, lokakarya, dll) dan non akademik (organisasi profesi: MGBK, ABKIN, dll ) serta hasil yang telah dicapai.    
b. Menunjukkan bukti fisik keterlibatan guru BK/Konselor dalam kegiatan akademik dan non akademik.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
27 Guru BK/Konselor dapat merancang dan melaksanakan penelitian dalam BK.   a. Menunjukkan dan menjelaskan isi proposal penelitian dalam BK.    
b. Menunjukkan dan menjelaskan laporan penelitian dalam BK.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
28 Guru BK/Konselor dapat memanfaatkan hasil penelitian dalam BK.   a. Menunjukkan bukti pemanfatan hasil penelitian yang telah dilaksanakan.     
b. Menjelaskan manfaat hasil penelitian yang telah dilaksanakan.     
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja     2
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] 4
             
    Total Nilai Kinerja Guru 112

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s