SEMINAR

“ESENSI BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH”

 

Jakarta, 16 Februari 2013

 

PENDAHULUAN

Sesuai peran dan fungsinya, layanan bimbingan konseling di sekolah diberikan oleh guru Bimbingan Konseling, atau biasa disebut guru BK, sebagai layanan kepada peserta didik yang bertujuan mengarahkan anak didik agar mampu mengenali diri sendiri, mengembangkan potensi dirinya, dan mengatasi permasalahan yang dihadapi sehingga mereka dapat mandiri dalam mengambil keputusan dan menjadi pibadi yang bertanggung jawab. Dengan demikian diharapkan guru BK berperan mendukung peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 27 tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Standar ini dibuat agar guru BK betul-betul memiliki kemampuan dalam memberikan layanan yang maksimal kepada peserta didik di sekolah. Sayangnya, kenyataan di lapangan berbeda dengan harapan yang ditumpukkan di pundak guru-guru BK tersebut.

Pada banyak sekolah dari pelbagai jenis, jenjang, dan satuan pendidikan, guru BK dinilai kurang berperan aktif dalam mendukung terwujudnya pendidikan bermutu di sekolah. Boleh jadi ini disebabkan faktor masih minimnya kompetensi guru BK dalam hal penguasaan teori, teknik, dan metode konseling, hingga rendahnya pemahaman tentang esensi bimbingan dan konseling di tiap jenis, jenjang, dan satuan pendidikan.

Dari hasil penelitian tentang Uji Kompetensi Guru SMA dan SMK di DKI Jakarta tahun 2005 yang tidak dipublikasikan, kerja sama Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi DKI Jakarta dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, data menunjukkan kompetensi guru Bimbingan & Konseling (Konselor sekolah) menempati posisi paling rendah di antara guru-guru lain (guru mata pelajaran) di sekolah. Adapun rumpun kompetensi yang diujikan mencakup: (1) penguasaan konselor terhadap konsep/materi, kurikulum, metode dan evaluasi bimbingan; (2) kemampuan dalam menyelenggarakan dan mengelola pelaksanaan bantuan atau bimbingan kepada peserta didik, (3) pengembangan potensi diri; (4) sikap dan kepribadian.

Dari 385 responden guru BK di Jakarta, hanya 11 % (dua persen) guru BK yang memiliki keseluruhan rumpun kompetensi baik dan sangat baik. Sedangkan sisanya, 89 % guru BK  memiliki kompetensi sedang hingga sangat kurang. Artinya, hampir semua Konselor sekolah di DKI Jakarta tidak memiliki kompetensi yang memadai untuk mendukung terwujudnya pendidikan bermutu!

Jumlah guru BK di sekolah juga menjadi persoalan serius yang menyebabkan tidak maksimalnya peran guru BK dalam mendukung siswa didik mengikuti kegiatan belajar yang bermanfaat bagi pengembangan dirinya. Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) mengakui dunia pendidikan Indonesia kekurangan Konselor sekolah. Saat ini jumlah guru BK di Indonesia sekitar 33.000 orang. Padahal untuk melayani siswa didik pada sekolah tingkat menengah pertama dan menengah atas yang berjumlah sekitar 18,8 juta siswa, dibutuhkan setidaknya 125.572 guru BK. Perbandingan idealnya, setiap 150 siswa terdapat satu guru BK mendampingi. Tapi saat ini satu Konselor sekolah harus melayani lebih dari 500 siswa! Hal ini tentu saja membuat peran dan fungsi guru BK menjadi tidak maksimal mencapai tujuan yang diharapkan.

Tentu saja atas persoalan-persoalan ini, baik secara kompetensi maupun jumlah guru BK yang ada, perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak agar peran dan fungsi Konselor sekolah menjadi efektif guna mendukung terwujudnya pendidikan bermutu di setiap satuan pendidikan. Oleh sebab itu, College of Allied Educators Indonesia didukung oleh Dinas Pendidikan Propinsi DKI Jakarta, bermaksud mengadakan kegiatan “Seminar Sehari: Esensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah”

 

TUJUAN SEMINAR

  1. Membangun pemahaman setiap guru BK dan pimpinan sekolah akan pentingnya peran dan fungsi Konselor sekolah dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Dengan demikian diharapkan satuan pendidikan atau sekolah mau mengupayakan peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru BK.
  2. Memperlengkapi guru BK dengan pengetahuan dan keterampilan dalam hal kepekaan, empati, dan toleransi keberagaman (diversity) siswa didik di sekolah.
  3. Menghimpun semua pihak untuk turut mendukung peningkatan kompetensi dan jumlah guru BK di sekolah-sekolah agar dapat memberikan pelayanan bimbingan dan konseling yang optimal kepada siswa didik.

 

TEMA

“Membangun Pemahaman Esensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah”
 

PESERTA SEMINAR:

Seminar ini ditujukan kepada para guru BK dan kepala sekolah SMP, SMA dan SMK negeri dan swasta yang ada di DKI Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s